Desa Natai Raya

Jl. Pangkalan Lima IQ, Pangkalan Bun
Kecamatan Arut Selatan Kabupaten Kotawaringin Barat Provinsi Kalimantan Tengah
Kode Pos 74117

call +628115222660 | mail_outline natairaya@mail.com

Selamat Datang di Website Sistem Informasi Desa Natai Raya Kecamatan Arut Selatan Kabupaten Kotawaringin Barat | Kantor Desa Natai Raya membuka pelayanan publik pada hari Senin - Jumat pukul 08.00 - 15:00 WIB
ODP 4 Orang
PDP 4 Orang

05-Juni-2020 15:00

POSITIF

42 Orang

Kumulatif 74 Orang

SEMBUH

31

Orang

MENINGGAL

1

Orang

Kasus Positif Orang
Sembuh Orang
Meninggal Orang
Positif

Kumulatif Orang

Sembuh Orang
Meninggal Orang
fingerprint
Pengelolaan Keuangan Desa berdasarkan Permendagri Nomor 20 Tahun 2018

date_range 25 Sep 2018 14:18:30 person Ariandi R. Kahfi

Pengelolaan Keuangan Desa berdasarkan Permendagri 113/2014 adalah Perangkat Desa dengan penekanan pada penyebutan fungsi, sedangkan pada perubahan, penekanan pada Perangkat Desa dengan penyebutan (nomenklatur) sesuai SOTK Pemerintahan Desa yang diatur dalam Permendagri 84/2015 tentang SOTK Desa.

Hal ini untuk memudahkan pemahaman dan agar Permendagri tentang pengelolaan keuangan Desa tidak terkesan membuat struktur baru, dan menghindari kerancuan penyebutan sekaligus mengharmonisasikan dengan aturan terkait, terutama dengan Permendagri Nomor 114 tentang Pedoman Pembangunan Desa dan Perka LKPP tentang Pengadaan Barang dan Jasa.

Pelaksana Kegiatan berdasarkan Permendagri 113/2014 adalah Kepala Seksi (Kasi), sedangkan pada perubahan adalah Kepala Seksi (Kasi) dan Kepala Urusan (Kaur) selain Kaur Keuangan dengan penyebutan pelaksana kegiatan anggaran.

Kepala Desa Permendagri 113/2014

  1. Kepala Desa adalah Pemegang Kekuasaan Pengelolaan Keuangan Desa (PKPKD) dan mewakili Pemerintah Desa dalam kepemilikan kekayaan milik desa yang dipisahkan.
  2. Kepala Desa dalam melaksanakan pengelolaan keuangan desa, dibantu oleh Pelaksana Teknis Pengelolaan Keuangan Desa (PTPKD).
  3. PTPKD berasal dari unsur Perangkat Desa, terdiri dari:
    • Sekretaris Desa;
    • Kepala Seksi; dan
    • Bendahara.
Permendagri 20/2018
  1. Kepala Desa adalah Pemegang Kekuasaan Pengelolaan Keuangan Desa (PKPKD) dan mewakili Pemerintah Desa dalam kepemilikan kekayaan milik desa yang dipisahkan.
  2. Dalam melaksanakan kekuasaan pengelolaan keuangan Desa, kepala Desa menguasakan sebagian kekuasaannya kepada perangkat Desa selaku PPKD.
  3. Pelimpahan sebagian kekuasaan PKPKD kepada PPKD ditetapkan dengan keputusan kepala Desa.
  4. PPKD terdiri atas:
    • Sekretaris Desa;
    • Kepala Urusan dan Kepala Seksi; dan
    • Kepala Urusan Keuangan.

Sekretaris Desa Permendagri 113/2014

  1. Sekretaris Desa bertindak selaku koordinator PTPKD.
  2. Sekretaris Desa selaku koordinator PTPKD mempunyai tugas:
    • menyusun dan melaksanakan Kebijakan Pengelolaan APBDesa;
    • menyusun Rancangan Peraturan Desa tentang APBDesa, perubahan APBDesa dan pertanggung jawaban pelaksanaan APBDesa;
    • melakukan pengendalian terhadap pelaksanaan kegiatan yang telah ditetapkan dalam APBDesa;
    • menyusun pelaporan dan pertanggungjawaban pelaksanaan APBDesa; dan
    • melakukan verifikasi terhadap bukti-bukti penerimaan dan pengeluaran APBDesa.
Permendagri 20/2018
  1. Sekretaris Desa bertugas sebagai koordinator PPKD.
  2. Sekretaris Desa mempunyai tugas:
    • mengoordinasikan penyusunan dan pelaksanaan kebijakan APB Desa;
    • mengoordinasikan penyusunan rancangan peraturan Desa tentang APB Desa, perubahan APB Desa, dan pertanggungjawaban pelaksanaan APB Desa;
    • mengoordinasikan penyusunan rancangan peraturan kepala Desa tentang Penjabaran APB Desa dan Perubahan Penjabaran APB Desa;
    • mengoordinasikan tugas perangkat Desa lain yang menjalankan tugas PPKD; dan
    • mengoordinasikan penyusunan laporan keuangan Desa dalam rangka pertanggungjawaban pelaksanaan APB Desa.
  3. Sekretaris Desa juga mempunyai tugas:
    • melakukan verifikasi terhadap DPA, DPPA, dan DPAL;
    • melakukan verifikasi terhadap RAK Desa; dan
    • melakukan verifikasi terhadap bukti-bukti penerimaan dan pengeluaran APB Desa.

Kaur Keuangan dan Bendaharawan Permendagri 113/2014

  1. Bendahara di jabat oleh staf pada Urusan Keuangan
  2. Bendahara mempunyai tugas: menerima, menyimpan, menyetorkan/membayar, menatausahakan, dan mempertanggungjawabkan penerimaan pendapatan desa dan pengeluaran pendapatan desa dalam rangka pelaksanaan APBDesa.
Permendagri 20/2018
  1. Kaur keuangan melaksanakan fungsi kebendaharaan.
  2. Kaur keuangan mempunyai tugas:
    • menyusun RAK Desa; dan
    • melakukan penatausahaan yang meliputi menerima menyimpan, menyetorkan/membayar, menatausahakan dan mempertanggungjawabkan penerimaan pendapatan Desa dan pengeluaran dalam rangka pelaksanaan APB Desa.
  3. Kaur Keuangan dalam melaksanakan fungsi kebendaharaan memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak Pemerintah Desa.

Pelaksana Permendagri 113/2014

  1. Kepala Seksi bertindak sebagai pelaksana kegiatan sesuai dengan bidangnya.
  2. Kepala Seksi mempunyai tugas:
    • menyusun rencana pelaksanaan kegiatan yang menjadi tanggung jawabnya;
    • melaksanakan kegiatan dan/atau bersama Lembaga Kemasyarakatan Desa yang telah ditetapkan di dalam APBDesa;
    • melakukan tindakan pengeluaran yang menyebabkan atas beban anggaran belanja kegiatan;
    • mengendalikan pelaksanaan kegiatan;
    • melaporkan perkembangan pelaksanaan kegiatan kepada Kepala Desa; dan
    • menyiapkan dokumen anggaran atas beban pengeluaran pelaksanaan kegiatan.
Permendagri 20/2018
  1. Kepala Seksi dan Kepala Urusan bertugas sebagai Pelaksana Kegiatan Anggaran.
  2. Kepala Seksi dan Kepala Urusan mempunyai tugas
    • melakukan tindakan yang mengakibatkan pengeluaran atas beban anggaran belanja sesuai bidang tugasnya;
    • melaksanakan anggaran kegiatan sesuai bidang tugasnya;
    • mengendalikan kegiatan sesuai bidang tugasnya;
    • menyusun DPA, DPPA, dan DPAL sesuai bidang tugasnya;
    • menandatangani perjanjian kerja sama dengan penyedia atas pengadaan barang/jasa untuk kegiatan yang berada dalam bidang tugasnya; dan
    • menyusun laporan pelaksanaan kegiatan sesuai bidang tugasnya untuk pertanggungjawaban pelaksanaan APB Desa.
  3. Pembagian tugas Kaur dan Kasi pelaksana kegiatan anggaran dilakukan berdasarkan bidang tugas masing-masing dan ditetapkan dalam RKP Desa.
business
Kirim Komentar

Untuk artikel ini

person
stay_current_portrait
chat

  [Ganti]  

assessment Statistik Desa

folder Arsip Artikel


account_circle Aparatur Desa

Back Next

message Komentar Terkini

  • person Annonymous

    date_range 21 Maret 2020 00:29:32

    Notice: Undefined offset: -1 in /Applications/XAMP...baca selengkapnya
  • person Aminsyukur lase

    date_range 19 Mei 2020 22:51:45

    Saya berharap dari pemerintahan pusat,mendatangkan...baca selengkapnya
  • person Anonim

    date_range 16 Mei 2020 17:04:35

    Keren semoga berkah...baca selengkapnya
  • person Abdul Haris Laparako

    date_range 16 Mei 2020 17:04:35

    Mantap.. Semoga Jerih Payah Pemerintahnya Mendapat...baca selengkapnya
  • person Budiyanto

    date_range 07 April 2020 00:34:20

    Salam dari Desa Dadap Juntinyuat-Indramayu...baca selengkapnya
  • person Mr

    date_range 22 Maret 2020 19:39:09

    Mantap......baca selengkapnya
  • person dweex

    date_range 20 November 2018 13:40:16

    pak mau tanya cara export siskeudes format .mde gm...baca selengkapnya
  • person edyed

    date_range 01 Januari 2020 00:00:00

    mantab,,, ajari saya dong biar bisa pakai tema nya...baca selengkapnya
  • person afa28

    date_range 27 Februari 2020 16:26:25

    Kasihan jamaahnya...baca selengkapnya
  • person ut@y (cugung-rajabasa.desa.id)

    date_range 01 Januari 2020 00:00:00

    bang..untuk keuangan udah bisa klop ama siskeudes ...baca selengkapnya
Alamat : Jl. Pangkalan Lima IQ, Pangkalan Bun
Desa : Natai Raya
Kecamatan : Arut Selatan
Kabupaten : Kotawaringin Barat
Kodepos : 74117
Telepon : +628115222660
Email : natairaya@mail.com
  • MASIRIN, SE

    Kepala Desa

  • ARIANDI RYAN KAHFI

    Sekretaris Desa

  • MARKUS SATTU

    Kasi Pemerintahan

  • RENI NOVIANA

    Kasi Kesra dan Pelayanan

  • BANGUN ADI PRIMA

    Kaur Umum dan Perencanaan

  • BAYU NUR ARIFIN

    Kaur Keuangan

  • NIKEN PARAMITHA HISWARI

    Staf Administrasi

settings Pengaturan Layar

Admin
  • Halo, Ariandi. Ada yang bisa kami bantu?.
  • Halo juga. Website Desa Natai Raya keren...
insert_chart
APBDes 2020 Pelaksanaan

Realisasi | Anggaran

PENDAPATAN
Rp. 604,925,311 | Rp. 1,566,350,445
38.62 %
BELANJA
Rp. 475,022,979 | Rp. 2,023,162,901
23.48 %
PEMBIAYAAN
Rp. 456,812,456 | Rp. 456,812,456
100 %
insert_chart
APBDes 2020 Pendapatan

Realisasi | Anggaran

Hasil Usaha Desa
Rp. 0 | Rp. 3,456,000
0 %
Lain-Lain Pendapatan Asli Desa
Rp. 7,100,000 | Rp. 7,100,000
100 %
Dana Desa
Rp. 348,764,996 | Rp. 860,111,000
40.55 %
Bagi Hasil Pajak dan Retribusi
Rp. 21,698,200 | Rp. 94,025,685
23.08 %
Alokasi Dana Desa
Rp. 227,276,000 | Rp. 601,557,760
37.78 %
Bunga Bank
Rp. 86,115 | Rp. 100,000
86.12 %
insert_chart
APBDes 2020 Pembelanjaan

Realisasi | Anggaran

BIDANG PENYELENGGARAN PEMERINTAHAN DESA
Rp. 176,504,864 | Rp. 608,962,333
28.98 %
BIDANG PELAKSANAAN PEMBANGUNAN DESA
Rp. 163,327,815 | Rp. 595,682,008
27.42 %
BIDANG PEMBINAAN KEMASYARAKATAN
Rp. 13,852,300 | Rp. 316,748,560
4.37 %
BIDANG PEMBERDAYAAN MASYARAKAT
Rp. 9,138,000 | Rp. 25,350,000
36.05 %
BIDANG PENANGGULANGAN BENCANA, DARURAT DAN MENDESAK DESA
Rp. 112,200,000 | Rp. 476,420,000
23.55 %